Home / Sejarah Islami / Sejarah Dua Kota Suci Makkah Dan Madinah

Sejarah Dua Kota Suci Makkah Dan Madinah

makkah-madinah2

Memahami sejarah adalah hal yang penting bagi selruh umat manusia. Setiap tokoh, tempat, dan waktu meninggalkan sejarah. Sejarah akan mencatat baik buruhknya seseorang, tempat, dan waktu. Dengan sejarahlah manusia dapat mengetahui atau abelajar masa lalu. Belajar tidak mengulangi yang salah dan mencoba memperbaiki yang akan terjadi. Rantai sejarah seakan tidak bisa terpisahkan dengan rentang waktu. Meskipun seakan telah berlalu, tetapi ia hadir selalu tidak bisa terpisah.

Umat islam memiliki sejarah yang cukup panjang. Islam yang lahir di tanah gersang di tengah padang sahara hingga tersebar ke seluruh kawasan pasti memiliki sejarah, meninggalkan tokoh-tokoh dan tempat bersejarah pula. Kesuksesan islam hingga tersebar ke seluruh penjuru tak pelak meninggalkan pesan kepada generasi setelahnya untuk selalu meniru, mempelajari, dan menrenungi.

Umat islam yang senantiasa mau belajarlah yang beruntung dan mendapatkan pujian. Sebaik-

baik umat adalah yang tidak menutup diri dan tetap menggali kebaikan-kebaikan yang datang kemudian. Kegemulangan tidak membuat terheran-heran, tetapi pengorbananlah yang menjadi pilihan.

Tanah suci mekah sebagai tempat kelahiran Nabi agung Muhammad Saw dan menjadi universitas para sahabat belajar memahami ajaran Islam yang sangat berbeda dengan keyakinan-keyakinan yang dianut oleh penduduk sekitar sebelum kedatangan Islam. Di Mekkahlah tanah haram itu ada. Tanah yang tidak ada duanya di dunia.

Masjidil Haram adalah bukti kepemilikan sejarah bagi umat Islam. Kehadirannya menjadi tonggak lahirnya Islam. Tak terhitung jasanya dan pengabdiannya kepada umat ini. tak terhitung sahabat dan generasi yang terlahir melalui forum-forum kajian Islam yang diadakan di dalamnya. Di situlah generasi sahabat belajar berakidah tauhid, yang menjadi pilar penting dalam beragama. Pilaryang dapat melahirkan generasi digdaya.
Makkah adalah kota suci bagi umat Islam, bagaimanakah sejarahnya, apa peran dan kedudukannya, apa yang dimaksud dengan Masjidil Haram, apa makna-makna yang terkandung dari kata Masjidil Haram, apa sajakah keutamaan-keutamaannya? Baca disini.

Hajar Aswad dan Rukun Yamani, apa pengertian Hajar Aswad dan bagaimana hukumnya jika seseorang lupa mencium Hajar Aswad, dan apa keutamaannya. Dengan berdesak-desakan dan berlomba-lomba untuk memeganng Hajar Aswad, apakah itu termasuk nilai-nilai Islam, untuk mencium atau menyalami hajar Aswad, adakah adab dan etikanya, di manakah letak

Rukun Yamani berada, apa dalil yang menjelaskan sunnanya menyalami Rukun ini?

Hijir Ismail adalah rumah ismail ketika berada di tanah suci Makkah. Di dekat Ka’bah itulah mereka tinggal. Di bawah talng (di area Hijir Ismail) merupakan tempat mustajab untuk berdoa.
Multazam daerah yang terletak antara pintu Ka’bah dan Hajar Aswad juga merupakan tempat mustajab. Bagi jamaah Haji dan Umroh hendaklah tidak lupa menyempatkan berdoa disitu.

Bapak para Nabi, Ibrahim, meninggalkan tinta sejarah yang dikenang hingga sekarang. Maqam Ibrahim yang berada di dekat Ka’bah adalah buktinya. Dibelakang makam inilah bagi seseorang yang telah selesai menjalankan tawaf disunnahkan untuk menjalankan shalat sunnah dua raka’at. Ibrahim dan Isma’il membangun Ka’bah sebagai kiblat shalat bagi umat Islam di seluruh dunia. Makam inilah tempat berpijak ibrahim dalam membangun Ka’bah bersama ismail. Makam ini kemudian diabadikan dalam Al-qur’an. Di antara kemukjizatan makam ini. penduduk Makkahsebelum kedatangan Islam tidak pernah menjadikan batu ini sebagai sesembahan meskipun mereka penyembah berhala. Inilah penghormatan yang diberikan pada batu ini.

Hijir Ismail, Multazam, dan Maqam Ibrahim, apakah termasuk bagian Ka’bah? Dimana letak multazam itu, bagaimana tatacara berdoa di Multazam, apa yang dimaksud dengan Maqam Ibrahim, bagaimana terjadinya perpindahan makam itu dari masa ke masa, apa hukumnya shalat dua rakaat dibelakang Maqam Ibrahim?

Kota Madinah adalah kota peristirahatan terakhir Nabi Saw. Disitulah beliau dimakamkan. Madinah adalah benteng pertahanan umat Islam setelah diusir oleh penduduk Makkah. Madinah adalah benteng dan pemerintahan umat Islam. Dari sanallah sistem dan tata pemerintahan diatur dan disebarkan ke seluruh penjuru negeri.

Masjid Nabawi adalah pusat diskusi, musyawarah, dan tempat konsultasi. Masjid inilah yang mendapatkan keutamaan bagi yang shalat di dalamnya setelah Masjidil Haram, dan Masjidil Aqsha. Di dalam masjid inilah Rosulllah tinggal. Orang-orang berkonsultasi. Para sahabat belajar. Sungguh, Madinah adalah Madinaturrasul (kota Rosulullah).

Roudhah merupakan tempat mustajab yang berada antara mimbar dan rumah Nabi (makam Beliau). Ketika berkunjung ke masjid Madinah, jangan lupa untuk berdoa di sini.

Baqi’ adalah tempat pemakaman para sahabat, istri-istri Nabi Saw, bagi yang sempat berziarah ke sana, jangan lupa untuk mendoakan mereka. Baqi’ adalah area pemakaman yang luas sekali, berada di dekat Masjid Nabawi.

Masjid Nabawi dan Madinah,dimanakah letak kota Madinah berada, bagaimana kedudukan kota Madinah, bagaimana kondisi penduduk kota Madinah, bagaimana sejarah pendirian Masjid Nabawi, bagaimana adab sopan santun memasuki dan berziarah ke masjid tersebut?

Makam Nabi, Raudhah, dan Baqi’ Niat berkunjung ke Masjid Nabawi, apakah untuk berziarah kepada Nabi Muhammad Saw, dimanakah Nabi Saw dimakamkan, kuburan-kuburan siapa saja yang ada disamping beliau, apa yang dimaksud dengan Raudhah Asy-Syarifah, bagaimana perjalanan sejarah mimbar hingga bentuknya sperti sekarang ini, apa pengertian Baqi’ Al-Gharqad, dan siapa sajakah sahabat yang dimakamkan disana, dan bagimana keutamaannya?

About ezkiatour

Leave a Reply

%d bloggers like this: