Sunday , May 27 2018
Home / Sejarah Islami / Peran dan Kedudukan Kota Makkah, Makna Masjidil Haram

Peran dan Kedudukan Kota Makkah, Makna Masjidil Haram

Peran dan Kedudukan Kota Makkah
Peran dan Kedudukan Kota Makkah

Kota Makkah terletak dibagian barat kerajaan Saudi Arabia di tanah Hijaz, yang dikelilingi oleh gunung-gunung, terutama di sekitar Ka’bah. Selain keutamaan kota Makkah, Apa peran dan kedudukan kita Makkah? Peran dan kedudukan kota Makkah ialah sebagai berikut:

  1. Sejak zaman pra-Islam hingga Muhammad Saw diangkat menjadi Nabi, Makkah menjadi pusat ibadah Haji para suku di sekitarnya. Mereka melakukan ibadah itu dengan cara meletakkan patung-patung di sekeliling Ka’bah.
  2. Setelah peristiwa Fath Makkah (pembebasan kota Makkah), patung-patung di sekeliling Ka’bah dihancurkan. Setelah itu, kota Makkah dijadikan kota suci bagi umat Islam.
  3. Makkah menjadi kota ibadah sebab di sanalah Masjidil Haram berada. Banyak hadis Nabi Saw yang menyatakan bahwa beribadah di Masjidil Haram mempunyai pahala yang berlipat ganda. Dikisahkan bahwa Nabi Saw pernah bersabda, “Shalat di masjidku ini adalah 100 kali lebih utama daripada salat di masjid lainnya, kecuali Masjidil Haram. Karena shalat di Masjidil Haram ialah lebih utama 100 ribu kali daripada shalat di masjid lain.” (HR Ibnu Majah)
  4. Setiap tahun, kota Makkah dikunjungi jutaan umat Islam dari berbagi belahan dunia. Mereka datang ke kota Makkah untuk menunaikan ibadah Haji dalam rangka mamatuhi perinta Rabbnya. Haji merupakan rukun Islam kelima, jadi seorang muslim yang belum melaksanakan Haji, berarti Islamnya belum sempurna.

Selama ini kita sering mendengar nama Masjidil Haram. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Masjidil Haram? Kalimat Masjidil Haram terdiri atas dua kata, yaitu “masjid” dan “haram”. Masjid ialah bangunan yang diperuntukkan sebagai tempat shalat. Haram adalah tempat yang terlarang, suci, dan mulia. Jadi, maksud Masjidil Haram adalah tempat yang terlarang bagi nonmuslim dan musyrik untuk memasukinya. Larangan tersebut dimulai sejak ditaklukkannya kota Makkah oleh umat Islam pada tahun delapan hijriah hinga akhir zaman.

Masjidil Haram meliputi Ka’bah, tempat tawaf di sekelilingnya, dan bangunan maupun jalaman untuk shalat, termasuk pula semua bagian perluasan yang dimulai pada masa Umar bin Khatthab sampai Raja Salman bin Abdul Aziz sekarang ini.

Masjidil Haram terletak di dalam tanah haram sehingga siapapun yang memasukinya dikenakan baginya larangan-larangan tertentu dalam pelaksanaan Haji dan Umroh. Dengan keberadaan yang mulia itu maka masjid ini sangat disucikan, dihormati dan dimuliakan oleh umat Islam. Kata Masjidil Haram dapat ditemukan dalam Al-Qur’an, yaitu dalam firman Allah Swt yang berbunyi “apakah (orang-orang) yang memberi minuman kepada orang-orang yang mengerjakan Haji dan mengurus Masjidil Haram, kamu samakan dengan orang yang beriman kepada Allah Swt dan hari kemudian serta berjihad di jalan Allah Swt? Mereka tidak sama disisi Allah Swt. Alla tidak memberikan petunjuk kepada orang-orang zalim. (QS At-Taubah: 19)

Dari Abu Dzar R.A diriwayatkan bahwa dia berkata, “Wahai Rosulullah, masjid apakah yang dibangun pertama kali di muka bumi ini?” Rosulullah menjawab, “Masjidil Haram.” Lalu masjid apa lagi?” tanyaku kembali. Beliau menjawab, “masjidil Aqsha.” “Berapa lama antara keduanya?” timpalku. “Empat puluh tahun,” jawab Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam (HR Muslim)

Insya Allah teman-teman yang pernah Umroh, pasti sudah pernah mendapatkan penjelasan seperti diatas. Bagi para pembaca yang ingin Umroh bisa melalui travel kami Ezkia Tour. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami langsung di no tlp 08121965178 (WA). Ezkia Tour Solusi Perjalanan Ibadah Anda.

Untuk memahami sejarah Islam, dan khususnya 2 kota suci Makkah dan Madinah selayaknya kita harus banyak membaca. Sebagai tambahan wawasan kita tentang sejarah Islam baiknya para pembaca melihat dan membaca secara global dahulu prolognya. Untuk itu silahkan baca artikel ini (klik disini). Kemudian ikuti terus Website kami ini dan Insya Allah akan selalu ada artikel yang menarik, tentang situs-situs dan sejarah islam di timur tengah. Syukron.

About ezkiatour

Leave a Reply

%d bloggers like this: